Tentang Kami

TAEKWONDO INDONESIA

Taekwondo di Indonesia mulai berkembang pada tahun 1970-an. Pada saat itu, di Indonesia terdapat dua organisasi Taekwondo yang masing-masing mempunyai organisasi di tingkat nasional. Persatuan Taekwondo Indonesia (PTI) yang berafiliasi ke International Taekwondo Federation (ITF) dan Federasi Taekwondo Indonesia (FTI) yang berafiliasi ke World Taekwondo Federation (WTF).

Berdasar kesepakatan dan melihat potensi perkembangan Taekwondo dalam skala nasional maupun internasional, Musyawarah Nasional Taekwondo pada tanggal 28 Maret 1981 menyatukan kedua organisasi Taekwondo tersebut menjadi menjadi satu organisasi baru yang diberi nama Taekwondo Indonesia dengan strukur organisasi di tingkat nasional disebut Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), yang berpusat di Jakarta dan menginduk ke WTF yang bermarkas di Seoul, Korea Selatan.

UKM TAEKWONDO UNS

Terbentuknya Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) memicu perkembangan Taekwondo di Indonesia sangat pesat. Tak hanya terbentuknya organisasi Taekwondo di tingkat daerah, tetapi juga di dalam lingkungan akademisi. Pada akhir 1980-an, beberapa mahasiswa yang menekuni bela diri yang berasal dari Korea ini seperti sabeum Adi Rastono (Fakultas Kedokteran), sabeum Suko Wahyudi (FISIP), sabeum Tri (Fakultas Hukum) serta mahasiswa-mahasiswa lainnya dari Fakultas Kedokteran angkatan 1986 membentuk sebuah organisasi bela diri Taekwondo. Pada 21 Maret 1990, Unit Kegiatan Mahasiswa Taekwondo Universitas Sebelas Maret (UKM Taekwondo UNS) akhirnya diresmikan oleh Drs. Parwoto, Pembantu Rektor III UNS pada saat itu.

Mempertahankan keberadaan UKM Taekwondo UNS bukanlah suatu hal yang mudah. Kurangnya informasi dan komunikasi antarperiode kepengurusan cukup menghambat perkembangan UKM Taekwondo UNS. Kami sempat kehilangan informasi dari awal berdirinya hingga tahun 2002 (sepertinya ada missing link pada rentang waktu tersebut). Akan tetapi belum lama ini akhirnya kami bisa mendapatkan informasi tersebut melalui informasi dari mulut ke mulut, blog ini, serta jejaring sosial di internet. Adapun keberadaan UKM Taekwondo UNS hingga sekarang merupakan perjuangan dari pelatih sekaligus salah satu pendiri UKM Taekwondo UNS, sabeumnim Adi Rastono beserta sabeumnim Alim Rojaya, juga para anggota.

Berkat perjuangan para anggota dan pelatih, UKM Taekwondo UNS sekarang lebih aktif dalam membuat kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan bela diri Taekwondo.